Sri Mulyani Minta BSI Bisa Gerakkan Sektor Riil Utamanya UMKM

 Sri Mulyani Minta BSI Bisa Gerakkan Sektor Riil Utamanya UMKM


JawaPos.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan bahwa perbankan syariah, tepatnya BSI, memiliki posisi yang unik dalam industri keuangan. Sebab, BSI menonjolkan aspek keadilan dan profit loss sharing antara sahibul mal dan mudarib atau investor dan investee sesuai dengan syariat Islam.

“Saat ada kondisi yang berisiko dan ekonomi memburuk, bisnis bank syariah tidak akan mendapatkan negative strap seperti yang dialami bank konvensional,” ujar perempuan yang akrab disapa Ani itu Senin (1/2).

Dia juga berharap BSI mampu menggerakkan sektor riil. Terutama kelompok usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Perbankan syariah, menurut Ani, memiliki hubungan langsung yang kuat dengan kegiatan sektor riil.

Underlying transaction dari bank syariah adalah kegiatan ekonomi riil dalam masyarakat,” terangnya.

BSI harus betul-betul menerapkan program-program yang manfaatnya bisa langsung dinikmati masyarakat. Selain itu, berdampak signifikan terhadap ekonomi nasional.

BSI juga diharapkan mampu memaksimalkan keunggulan tiga bank syariah yang melebur itu. BSI harus mengedepankan prudensial, akuntabilitas, transparansi, integritas, serta profesionalisme.

“Ini merupakan fondasi untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan. Jangan cederai kepercayaan masyarakat,” kata Ani.

Di sisi lain, BSI harus menjadi institusi yang kompetitif, kreatif, dan inovatif dalam mengembangkan bisnis. Baik melalui biaya operasional yang efisien maupun margin untuk perbaikan perbankan itu sendiri.

Hal senada disampaikan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso. Menurut dia, BSI merupakan sarana yang tepat untuk memanfaatkan potensi keuangan syariah di Indonesia. Apalagi, fokus utamanya adalah menyalurkan pembiayaan UMKM yang menyumbang 61,1 persen produk domestik bruto (PDB) nasional.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani mengapresiasi kehadiran BSI. Menurut dia, BSI bisa menjadi kekuatan besar dan membawa dampak positif bagi perkembangan industri keuangan syariah.

“Size perbankan sangat penting. Apalagi, kita negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Masak kita tidak mempunyai bank untuk bisa melayani kebutuhan dunia usaha dan penduduk yang sangat luar biasa?”ujarnya.

sumber:https://www.jawapos.com/ekonomi/02/02/2021/sri-mulyani-minta-bsi-bisa-gerakkan-sektor-riil-utamanya-umkm/

Share:

Recent Posts